Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputerelektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada
beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata
yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Abacus dikembangkan di 3000 SM dapat disebut komputer yang pertama
karena itu adalah perangkat menghitung sederhana. Pada tahun 1941 seorang
insinyur Jerman Konard Zuse mengembangkan kalkulator programmable pertama yang
menggunakan matematika biner dan logika Boolean. UNIVAC dikembangkan pada tahun
1951 dan terobosan nyata datang pada tahun 1952 ketika Texas Instrument
mengembangkan Sirkuit Terpadu. Pada tahun 1964, IBM memperkenalkan komputer
mainframe IBM 360 yang disebut. Apple memperkenalkan Apple I pada tahun 1976
dan Apple II di tahun 1977. Komputer yang akrab bagi sebagian besar dari kita
dari segi penampilan dan fungsionalitas diresmikan pada tahun 1981 ketika IBM
memperkenalkan Personal Computer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan
orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam
bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang
menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang
disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti
slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Karakteristik
utama dari komputer adalah:
1 -
Ini mengikuti dan mampu mengikuti instruksi set khusus.
2 -
Hal ini dapat mengeksekusi instruksi daftar preset umumnya dikenal sebagai
program komputer.
Komponen
dasar yang penting untuk membuat komputer adalah:
1 -
Input Device terdiri dari Keyboard dan Mouse yang digunakan untuk memasukkan
instruksi dan data ke dalam komputer.
2 -
Output perangkat seperti Unit atau Visual Display Screen, dll Printer, yang
memungkinkan kita melihat apa yang telah dilakukan komputer.
3 -
Central Processing Unit yang dikenal sebagai otak dari komputer dimana semua
pengolahan data dilakukan dan instruksi dieksekusi.
4 -
Memori adalah pusat kekuatan dari komputer yang menyimpan data dan instruksi di
dalamnya.
5 -
Mass Storage Device adalah mereka yang secara permanen menyimpan dan
mempertahankan sejumlah besar data. Yang umum adalah floppy drive, CD-ROM, Hard
disk dll
Komputer datang dalam berbagai jenis yang dirancang untuk berbagai
keperluan menjaga pikiran yang berbeda dalam kategori penggunanya. Sesuai
dengan jenis mereka, mereka memiliki kemampuan yang berbeda dan harga sesuai.
Komputer yang paling populer adalah Personal Computer yang untuk penggunaan
pribadi pengguna pada satu waktu. Mereka datang dalam dua jenis; Sebuah Desktop
dan Laptop. Lalu ada komputer bahkan lebih kecil dikenal sebagai palmtop yang
dapat diselenggarakan di telapak pengguna. Sementara ini adalah jenis yang
lebih kecil dan pribadi dari komputer, The Mainframe, Workstation dan
Superkomputer adalah komputer akhir yang lebih besar tinggi yang digunakan oleh
organisasi besar.
Beberapa
manfaat komputer modern dalam berbagai bidang:
Bidang Bisnis dan
Perbankan
Dalam bidang bisnis komputer
berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan
perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information
system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang
seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir)
yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk
scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.
Kehadiran komputer di dalam dunia
bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan
sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki
perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa
kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis
untuk dilakukan. Dalam bidang perbankan fungsi komputer sangat sangat
berpengaruh sekali dengan segala aktivitas perbankan, baik simpan pinjam dan
transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya
pemanfaatan komputer dan sistem sistem yang canggih di dalamnya sangat
mempermudah jalannya suatu perbankan serta menjamin keamanan dan kerahasiaan
dari setiap nasabah. Karena komputer juga berfungsi untuk menyimpan dan
mengolah berbagai data.
Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat
menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam bidang
perbankan, misalnya dalam perbankan telah memperkenalkan solusi core banking,
seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan
finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking,
e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak
digunakan di perbankan.
Bidang Industri
dan Manufaktur
Di bidang industri dan manufaktur
komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan
tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau
perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design),
yaitu untuk merancang bentuk desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada
sebuah industri atau pabrik, misalnya munculnya sebuah mesin serba guna dalam
industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan
kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan
sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang
secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya adalah
merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol
melalui komputer. Hal tersebut terjadi, karena dengan dengan pemanfaatan
tekonologi komputer pekerjaan di bidang industri akan lebih cepat terlaksana
dan praktis, sehingga manusia hanya bertugas menjalankan komputer yang telah
dirancang untuk mempermudah dalam proses pekerjaanya.
Bidang Teknik dan
Ilmu Pengetahuan
Dalam bidang teknik dan ilmu
pengetahuan komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit
dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini
biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset yang dilakukan oleh
para ahli. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum
menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor
nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan
untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah,
keadaan angin, cuaca, dan sebagainya. Dalam bidang bioteknologi,
peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer
untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang pekerjaan
teknik sipil komputer juga sangat dibutuhkan untuk menghitung presisi dan
kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk
mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
Bidang Penerbangan
dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa
komputer digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot,
menghitung ketinggian pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti
keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk
mengendalikan pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke
planet dan mempelajari keadaan dan isi planet diluar angkasa. Di bidang militer
komputer juga bermanfaat untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali.
Komputer juga digunakan untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, juga untuk
melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia
militer.
Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran
salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit yang tidak terlihat dan
menemukan obat yang tepat. Komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa
organ-organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ
tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi dengan
menggunaan komputer. Dalam dunia kedokteran telah ditandai munculnya penggunaan
komputer yaitu dengan menggunakan sistem CAT (Computerized Axial Tomography)
digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ
tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang
bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat
gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer
Tomography), merupakan suatu sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif
untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) merupakan suatu sistem
komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain
itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara
memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Dengan munculnya
pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran, hal tersebut sangat membantu
seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.
Dalam Bidang
Kriminalitas
Dalam bidang kriminal kumputer
digunakan untuk Crime analaisis Support system (menganalisis dukungan sisitem
kejahatan), yaitu suatu sistem pendukung keputusan dalam bidang kriminalitas.
Dengan bantuan teknologi komputer polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil
kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas,
melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk
bidang kriminalitas adalah : PROMIS (Prosecutor-Offender management Information
System), yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas
mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti
dari tertuduh untuk dibawa ke pengadilan. CATCH (Computer-Assisted Terminal
Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari
orang-orang yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer. MOTION
(Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi
tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama
samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut. ARJIS (Automated Reginal
Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku
pelaku kriminal. Dengan adanya kemajuan teknologi komputer sangat menunjang
kemudahan aparat keamanan khususnya polisi dalam memecahkan permasalahan atau
kasus yang dihadapi.
Bidang
Entertainment dan Permainan
Di zaman sekarang komputer tidak hanya
digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak yang
digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games). Dalam bidang
entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, film, periklanan, settting, dan
menjadi sarana untuk bermain musik. Di bidang permainan komputer bisa digunakan
untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dan game on line yang dilengkapi
dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Hal semacam itu
bisa membawa dampak positif bagi para penggunanya dan memberikan pembelajaran
tetang kemajuan teknologi.
Bidang
Pemerintahan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan
Komunikasi ICT (Information and Communication Technology) di dunia telah
semakin luas. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan ICT yang tidak terbatas
pada bidang perdagangan saja, melainkan juga dalam bidang-bidang lain, seperti
bidang pendidikan, bidang pertahanan dan keamanan negara, sosial dan
sebagainya. Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT. Sistem
informasi itu sendiri terdiri dari fungsi input, proses, output, storage
dancommunication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga
pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi pemerintah yang didalamnya
terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara,
pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan. Sistem informasi dalam praktek
pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat
proses pengolahan suatu data dan informasi yang diperuntukkan untuk keperluan
pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan, dan karena peran
pemerintah berkaitan dengan kepentingan publik maka segala sistem informasi
yang dipergunakan harus memenuhi syarat efisien, efektif dan ekonomis. Salah
satu penggunaan teknologi komputer oleh pemerintah adalah munculnya
E-Government, yaitu penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan
hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain.Hampir di setiap perkantoran
suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai
sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat
(public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan,
statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya. E-Government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi komputer tersebut
kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to
Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency
relationship). Bahkan saat ini dengan adanya E-Government, komputer memiliki
peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai
kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar
pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan
pariwisata.
Bidang Pendidikan
Salah satu manfaat kompter yang utama
adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajaruntuk
meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi di
kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer
sejak sekolah, anak –anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia
kerja. Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang
wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainya adalah sebagai pembuka
cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan kompuer. Bisa
membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.
Bidang Pertahanan
dan Keamanan
Bidang pertahanan dan keamanan juga
masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya
komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan
luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di
kendalikan komputer.
Bidang Seni
Pada masa awal dibuatnya komputer
diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring
perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam
membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada
kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1. Seni Gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program(photoshop,Coreldraw,dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.
2. Seni Musik
Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.
3. Seni Film
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1. Seni Gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program(photoshop,Coreldraw,dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.
2. Seni Musik
Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.
3. Seni Film
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi
Bidang
Transportasi
Penggunaan komputer di bidang
transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu
lintas.Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi
modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem
komputer.
Jalan raya juga dipasang dengan
berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk
memudahkan pengendalian jalan raya tertentu. Selain itu, dengan komputer semua
jalur penerbangan di Bandara bisa di program dengan komputer. Untuk
menerbangkan pesawat itu sendiri membutuhkan dan harus dilengkapi dengan
komputer.
Bahkan diketinggian tertentu pesawat
dapat di terbangkan dengan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram
oleh komputer. Demikian juga penjualan tiket di terminal , bandara, dan stasiun
yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar